25 January 2014

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan, Manfaat Kulit Manggis
Manfaat kulit manggis untuk kesehatan memang bukan berita baru lagi mengingat buah ini sudah populer di kalangan masyarakat. Buah manggis diberikan julukan ratu buah, karena mempunyai sejuta manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Tidak hanya karena buahnya yang manis dan segar, kulit buah dan kulit batang tumbuhannya juga dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan manusia. Kulit buah manggis terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit ringan dan berat. Secara tradisional biasanya masyarakat memakai kulit manggis untuk mengobati beragam penyakit ringan, seperti borok, amandel, disentri dan sariawan. Hal ini dikarenakan kemampuan yang dimilikinya sebagai anti inflamasi dan anti peradangan. Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, menunjukan kalau kulit buah manggis mempunyai beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Berbagai penyakit berat yang sulit disembuhkan, ternyata bisa diobati dengan kehebatan kulit buah manggis ini.

Kandungan kulit buah manggis
Kulit buah manggis juga dipercaya mempunyai kandungan zat antioksidan tertinggi di alam semesta. Riset ilmiah membuktikan kulit manggis mengandung antioksidan berupa antosianin, asam fenolat, tanin dan xanthone. Kandungan air di dalam kulit buah manggis sebesar 62,05%, 35,61% karbohidrat, 0,71% protein dan 0,63% lemak.  Manfaat kulit manggis untuk kesehatan memang sangat luar biasa. Apa saja fungsi berbagai zat tersebut, berikut ini penjelasannya;

ü  Xanthone, zat ini terkandung sangat banyak di dalam kulit buah manggis. Sangat berkhasiat bagi tubuh sebagai hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, anti plasmodial, anti jamur, anti bakteri,  anti kanker, anti diabetes dan anti peradangan. Terdapat 14 jenis senyawa turunan dari Xanthone. Senyawa Alfa mangostin  sangat bermanfaat dalam menghambat produksi zat karsinogen pada kolon.  Selain itu, terkandung juga gamma-mangostin yang berkhasiat dalam melindungi terhadap serangan berbagai penyakit. Kedua senyawa turunan xanthone ini bermanfaat dalam mencegah proses peradangan atau inflamasi dengan cara mencegah enzim COX-2, dimana enzim ini merupakan pencetus peradangan. Senyawa gamma mangostin juga dipercaya mempunyai khasiat anti radang terbaik, dibandingkan berbagai obat inflamsi yang di jual bebas di pasaran. Dengan kehebatan khasiatnya ini serangan penyakit alzheimer dan arthritis bisa dicegah.

ü  Tanin, sangat berkhasiat sebagai antioksidan yang mampu menghalangi pertumbuhan tumor, DNA topoisomerase anti hemoroid, hemostatik dan anti diare. Senyawa tanin bisa mencegah penyerapan protein di dalam sistem pencernaan atau sebagai anti nutrisi.

ü  Antosianin, juga berperan sebagai antioksidan yang berkhasiat dalam menghalangi serangan beragam penyakit, seperti neuronal, kardiovaskuler, diabetes dan kanker. Senyawa ini adalah pigmen yang terkandung di dalam tumbuhan yang juga terdapat pada buah lainnya, diantaranya apel, rasberry, stroberry dan buah lainnya. Namun, kandungan manfaat kulit manggis untuk kesehatan jauh lebih besar.

Khasiat kulit buah manggis
Beragam khasiat bisa anda dapatkan dari kulit buah manggis guna melawan berbagai macam penyakit. Sehingga tubuh anda tidak mudah menderita penyakit, karena segudang manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang dimiliki. Berikut ini beberapa diantaranya khasiat buah manggis, terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.
ü      Khasiat anti inflamasi  atau peradangan telah dibuktikan dalam riset ilmiah. Ekstrak etanol yang terkandung di dalam kulit buah manggis bisa melawan radikal bebas dengan sangat kuat.
ü   Berkhasiat sebagai senyawa anti kanker yang terlah teruji secara klinis. Karena kulit buah manggis  mempunyai sifat antiproliferasi yang bermanfaat dalam mencegah perkembangan sel kanker.
ü  Berkhasiat sebagai anti mikroba sehingga bisa melawan bermacam bakteri, diantaranya Staphylococcus.

Dan masih banyak lagi manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Beberapa penyakit yang terbukti bisa disembuhkan adalah meningkatkan sistem imun penderita HIV/AIDS, Jantung koroner, Asma, TBC, kanker payudara, leukemia, lever, penyakit Katarak, penyakit urat syaraf, diare, hipertensi, kolesterol, diabetes, alzheimer dan penyakit lainnya. Manfaat kulit manggis untuk kesehatan lainnya adalah menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, mengurangi rasa gelisah, cemas dan kepanikan, menurunkan berat badan, mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mengobati tekanan darah tinggi, mencegah kerapuhan tulang, bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Cara mengolah kulit buah manggis 
Biasanya masyarakat mengolah kulit buah manggis menjadi jus nikmat, supaya mudah untuk dikonsumsi dan mendapatkan manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Namun dalam pengolahannya harus cermat dan higienis supaya khasiatnya bisa anda rasakan lebih optimal.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda terapkan dalam membuat jus kulit buah manggis.
Ø     Siapkan dahulu kulit buah manggis sesuai selera anda, semakin banyak semakin bagus. Kemudian potong kecil supaya mudah dalam memblendernya.
Ø     Kerok bagian dalam kulit jangan mengenai bagian berwarna hitam atau bagian terluar kulit manggis. Jangan sampai juga getahnya ikut terambil, sebab bisa membuat jus terasa pahit. Meskipun manfaat kulit manggis untuk kesehatan bisa anda rasakan, tapi kenikmatannya jadi berkurang.
Ø     Kemudian anda bisa memblender kulit manggis pilihan tersebut dengan campuran es, gula, alpukat, coklat bubuk, susu kental dan lain sebagainya. Penambahan bahan bisa disesuaikan dengan selera anda, asalkan tidak mengurangi manfaat kulit manggis untuk kesehatan itu sendiri.
Ø      Setelah tercampur rata, jus kulit buah manggis bisa anda konsumsi.

Konsumsi jus kulit manggis ini secara rutin setiap hari. Supaya manfaat kulit manggis untuk kesehatan bisa anda rasakan lebih baik. Bila anda tidak mau repot mengolahnya menjadi jus. Anda juga membeli produk herbal yang berasal dari olahan kulit buah manggis. Cara pengolahan yang modern dan higienis dipercaya tidak menghilangkan manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Tapi, sebaiknya anda juga selektif dalam membelinya, guna mendapatkan khasiat terbaik. Sehingga keluhan beragam penyakit anda bisa sembuh denga cepat dan tidak kambuh lagi. Anda bisa kembali beraktivitas dan melakukan segala kegemaran anda. Demikian semoga artikel mengenai manfaat kulit manggis untuk kesehatan ini bias bermanfaat untuk anda.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai manfaat kulit manggis untuk kesehatan semoga bermanfaat.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment