22 January 2014

Produk Ace Max's

Manfaat kulit manggis, Khasiat Kulit Manggis
Manfaat kulit manggis yang dalam bahasa latinnya bernama “Garcinia mangostana L” atau yang lebih familiar di Indonesia dengan nama buah manggis merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan segar alami. Nama latin manggis tersebut di dapat dari nama penemu buah manggis pertama yaitu Laurent Garcin yang merupakan penjelajah asal Perancis di tahun 1700an. Buah ini menjadi populer dan terus dibudidayakan di beberapa negara di dunia, terutama di negara yang memiliki iklim tropis basah seperti India Selatan, Amerika Tengah, Brazilia, Australia Utara, dan tak ketinggalan di Indonesia, hal ini tentu karena Manfaat Kulit Manggis yang begitu melimpah. Manggis sering disandingkan dengan durian dan dinobatkan sebagai ratu dari buah-buahan karena rasa manisnya yang menggiurkan. Dibalik rasa manis yang dimiliki ratu buah ini, ternyata bagian dari kulit buah tersebut pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat kulit buah manggis ditemukan sejak pertama kali diteliti oleh para ilmuan dan terbukti manfaat kulit manggis berkhasiat untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi Manggis
Manfaat kulit manggis diketahui berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut beberapa zat nutrisi yang ada di dalam buah manggis:
1.   Xamthone
Xamthone merupakan zat alami yang paling banyak ditemukan dalam buah manggis. Senyawa ini diketahui memiliki beberapa kesamaan dengan senyawa aktif lain seperti polifenol dan juga bioflavidoids. Senyawa xamthone jarang sekali ditemukan secara alami, sejauh ini ada sebanyak 200 jenis tanaman yang memiliki kandungan xamtone, dan 40 diantaranya terdapat pada buah manggis. Xamthone merupakan salah satu zat yang menambah daftar manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh. Zat beserta turunanya tersebut dapat menjadi penangkal alergi serta menjadi bahan alami anti inflamasi.
2.   Low Calories
Ya, buah manggis dan manfaat kulit manggis terbukti memiliki kadar kalori yang lebih rendah dari buah dan sayur lainnya. Setidaknya per 1 ons atau 100 gram buah manggis terdapat hanya 63 kalori saja. Buah dengan kandungan air yang cukup banyak ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jahat sehingga bagus untuk membantu proses diet.
3.   Serat
Selain rendah kalori dan lemak, manfaat kulit manggis dapat diserap secara sempurna karena tinggi akan serat. Serat di dalam buah dan kulit manggis mampu memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 13% tiap seratus gramnya.
4.   Vitamin C
Manfaat kulit manggis selanjutnya didapatkan karena buah ini mengandung banyak vitamin C. Dengan mengkonsumsi buah dan kulit manggis, kebutuhan vitamin C untuk satu orang dewasa setiap harinya dapat dipenuhi sebesar 12% per seratus gramnya.
5.   Vitamin B Kompleks
Kandungan vit. B kompleks dalam buah dan kulit manggis juga menambah daftar manfaat kulit manggis. Vitamin B komplek yang terdapat dalam kulit buah manggis diantaranya ada niacin, folat, serta thiamin. Kandungan vitamin B komplek ini sangat bermanfaat dalam metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat yang nantinya akan diolah menjadi sumber tenaga.

Selain 5 kandungan di atas, sebenarnya manfaat kulit manggis dapat diperoleh dari kandungan zat-zat lain seperti polisakarida, cathechin, sterol, serta proanthocyanidins, dan masih banyak yang lainnya yang sangat baik dalam menjaga kestabilan fungsi tubuh.

Pengolahan Kulit Manggis
Untuk mendapatkan manfaat kulit manggis secara optimal, ada cara khusus dalam mengolah kulit buah yang berwarna keunguan ini, berikut resepnya:

Bahan
-        2 s.d. 3 buah manggis, ambil kulitnya
-        500 ml air
-        Madu, bila perlu.
Cara membuat:
1.      Cuci bersih kulit manggis yang akan dibuat menjadi sari kulit manggis
2.      Rebus kulit manggis dengan 500 ml air hingga tersisa 250 ml atau sekitar 2 gelas.
3.      Bila Anda ingin sari kulit manggis terasa manis, tambahkan madu secukupnya (sekitar 2-3 sendok makan).
Anda pun dapat mengolah dan mendapatkan manfaat kulit manggis dengan cara diblender dengan 250 mili liter air matang dan sedikit madu jika tidak ingin repot merebus.
Cara mengkonsumsi:
Agar manfaat kulit manggis terasa optimal, minum sari kulit manggis 2 hingga 3 gelas setiap harinya.

Manfaat Kulit Manggis
Manfaat kulit manggis ternyata tidak sedikit, dengan mengkonsumsi sari kulit manggis atau jus kulit manggis secara rutin terbukti dapat meringankan beberapa gejala penyakit. Bahkan penyakit yang tergolong sulit disembuhkan dengan obat-obatan medis pun bisa diatasi dengan kulit manggis. Berikut ini adalah beberapa manfaat kulit manggis dan penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan sari kulit manggis.
1.   Sariawan
Kulit manggis dipercaya ampuh menyembuhkan sariawan karena diketahui memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Cara mengkonsumsinya ialah dengan berkumur menggunakan air rebusan kulit manggis serta rutin meminum jus kulit manggis sebanyak 3 kali dalam sehari.
2.   Diare
Manfaat kulit manggis selanjutnya ialah untuk menyembuhkan keluhan diare. Di Filipina pada khususnya, air rebusan kulit manggis sangat dipercaya mampu mengatasi diare. Tak hanya itu, sari kulit manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai cairan penurun panas, demam, disentri, serta gangguan pada saluran kencing.
3.   Kanker
Selain penyakit ringan seperti sariawan atau diare, manfaat kulit manggis lainnya adalah dapat mengobati penyakit berat seperti kanker. Dalam kulit manggis terdapat zat xathone yang berfungsi sebagai anti kanker. Kerja zat xathone tersebut ialah membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh dan menghambat adanya pertumbuhan sel-sel kanker baru.
4.   Jantung
Tak hanya kanker, penyakit jantung pun dapat diatasi menggunakan kulit manggis. Mineral seperti mangan, tembaga, magnesium, dan kalium yang ada di dalam buah dan kulit manggis sangat bermanfaat dalam mengendalikan detak jantung serta tekanan darah yang mengalir dari dan ke jantung. Oleh karena itu banyak penderita jantung koroner, hipertensi, stroke, atau diabetes dan penyakit berat lainnya yang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan kulit manggis.
5.   Kulit
Manfaat kulit manggis tak hanya untuk kesehatan tubuh dan organ dalam serta penyembuhan penyakit saja, kulit manggis pun dapat bermanfaat bagi kecantikan khususnya kulit. Anti oksidan di dalam kulit buah manggis mampu menangkal radiasi sinar Ultra Violet dan membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan awet muda. Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki masalah pada kesehatan kulit, seperti alergi, jerawat, gatal-gatal, bisul, dan sejenisnya, Anda dapat memanfaatkan kulit manggis untuk mengatasi masalah tersebut. Cara pengolahan dan konsumsinya pun masih sama, yaitu dengan meminum air rebusan kulit manggis sebanyak kurang lebih 3 gelas dalam satu hari.

Efek Samping
Tubuh tentu saja memiliki sistem perlindungan dan respon tersendiri terhadap segala sesuatu yang masuk ke dalamnya. Tidak terkecuali dalam mengambil manfaat kulit manggis. Ketika seseorang yang baru pertama kali mengkonsumsi kulit manggis tentu akan mengalami sedikit reaksi. Berikut ini merupakan reaksi - reaksi yang kerap muncul ketika mengkonsumsi kulit manggis.
1.      Alergi luar
Alergi luar yang dapat terjadi biasanya cenderung ringan dan dapat hilang dengan sendirinya. Alergi tersebut diantaranya sebagai berikut:
-        Bengkak di bagian tubuh tertentu, misal kaki atau tangan
-        Gatal-gatal
-        Kulit kering dan sedikit bersisik (seperti ganti kulit)
-        Kulit agak memerah
Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir, karena gejala tersebut hanya terjadi di awal penggunaan saja. Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi kulit manggis, gejala tersebut tidak akan kembali lagi.
2.      Alergi pada sistem tubuh

Selain gejala alergi ringan, ketika Anda ingin mendapatkan manfaat kulit manggis, Anda pun dapat mengalami alergi pada sistem tubuh. Alergi tersebut antara lain seperti pusing atau sakit kepala, nyeri pada persendian dan otot, mual, perut terasa kembung, serta mengalami gangguan tidur atau insomnia dan jantung yang berdebar. Bagi Anda yang memiliki perut dan lambung yang sensitif, Anda juga perlu berhati-hati karena dalam kulit manggis mengandung resin dan tanin serta serat kasar yang tergolong tinggi sehingga akan sedikit mengganggu sistem pencernaan Anda. Untuk mengantisipasi masalah ini silahkan Anda proses dengan baik dan benar sehingga manfaat kulit manggis yang diharapkan bisa dirasakan.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai manfaat kulit manggis semoga bermanfaat.

Produk Ace Max's

1 comment:

  1. mantap mas browww... luar biasa manfaatnya
    ane mau coba dulu banyak penyakit badan ini hahahah

    :)

    ReplyDelete